January 27, 2012

INTERAKSI ULTRASOUND DAN JARINGAN

Gelombang suara yang melewati jaringan tubuh dan akan mengalami perubahan-perubahan yang menyebabkan melemahnya suara tersebut.Melemahnya intensitas suara yang melewati jaringan ini disebut atenuasi. 

Ada 3 faktor penyebabnya yaitu: 
1.Pembiasan / penyimpangan berkas suara (DIVERGENSI) 
2.Penyerapan energi suara (ABSORBSI) 
3.Pantulan suara ke luar jaringan (DEFLEKSI) 

  • DIVERGENSI 
Dengan adanya pembiasaan atau penyimpangan berkas suara maka kekuatannnya juga akan tersebar luas sehingga intensitasnya akan menurun. 

  • ABSORBSI 
Absorsi adalah penyerapan sebagian dari kekuatan berkas suara oleh jaringan. Tenaga yang diserap oleh jaringan ini akan terlihat dengan adanya peningkatan suhu jaringan.Semakin tinggi frekuensi suara semakin besar ebsorbsinya,semakin sedikit suara yang dapat diteruskan. Dengan demikian untuk melihat organ-organ tubuh yang terletak didalam rongga perut diperlukan peralatan USG dengan frekwensi yang lebih rendah dari 3 MHz. Untuk visualisasi kelainan mammae di gunakan USG dengan frekuensi tinggi ( 5-7 MHz). jumlah suara yang diabsorbsi juga tergantung pada kekentalan jaringan yang dilewatinya. Semakin kental dan kaku suatu jaringan semakin besar absorbsinya. Tulang menyerap suara 10 kali lebih besar daripada jaringan lunak. Jaringan lunak menyerap 10 kali lebih besar dari pada cairan. 

  • DEFLEKSI 
Sebagian berkas suara yang mengenai permukaan suatu medium akan dipantulkan tergantung pada besarnya/dimensi medium tersebut. Apa bila gelombang suara mengenai batas antara dua media maka sebagian dari gema suara tersebut akan di pantulkan, sebagian lagi di teruskan / di biaskan. Besarnya gema suara yang di pantulkan tergantung pada perbedaan. “acoustic impedance” dari kedua medium tersebut.

Tabel.  Acoustic Impedance
Pada tabel di atas memperlihatkan bahwa Acoustic Impedance udara sangat kecil di bandingkan dengan jaringan tubuh lainnya, akibatnya hampir semua gema suara dan kejaringan tertentu yang melewati udara akan di pantulkan
Tabel. Pantulan dan Tranmisi dari Beberapa Zat
Pantulan dan tranmisi  ultrasound memberikan pengaruh pada penggunaan USG secara klinis yaitu :
1. Untuk menghindari dipantulkannya semua suara yang berhububgab dengan udara, maka diantara tranduser dan jaringan kulit harus diisi dengan coupling agent seperti aquasonic atau jelly.
2. Kita tidak mungkin melihat organ dalam panggul bila udara dalam usus diatasnya menghalangi tranduser untuk melihat target yang kita cari. Keadaan ini dapat diatasi dengan mengisi penuh kandung kencing, sehingga akan mendorong usus keluar dari panggul dan dapat merupakan jendela akustik ( Acoustik window) bagi organ-organ pelvis di bawahnya.
3. Kita dapat menggeser atau memindahkan tranduser keberbagai posisi supaya suara tidak melewati gelembung udara yang berada dalam usus yang terletak diatas organ yang akan kita lihat.
4. Organ yang berada di bawah tulang juga akan kurang jelas karna, 36 – 40 % suara yang mengenainya akan dipantulkan hal ini sedapat mungkin dapat dihindarkan dengan memindahkan posisi tranduser.
Jangan Lupa Komentarnya yach .....:)

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

Email subscribe

Silakan masukan email sobat untuk berlangganan artikel GRATISS!!

Copyright © 2011 RADIOLOGI SCIENCES, All Right Reserved. Design by Java Templates Powered by Blogger

Tweet